Rabu, 08 November 2017

Definition of MAC OS, LINUX, ANDROID

PENGERTIAN MAC-OS LINUX DAN ANDROID



Mac-OS 


Mac-os adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Mac OS:
- Kelebihan Mac OS
1. Lebih stabil karena menggunakan UNIX
2. Multitasking
3. Bisa mengenal file format windows
4. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
5. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya
6. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak
7. Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
8. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword
9. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus
10. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya
11. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas

- Kekurangan Mac OS
1. Mahal
2. Hanya cocok untuk graphic designer
3. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
4. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
5.  Software di Mac OS tidak begitu lengkap
6. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game (rid)



Apa itu android??



Apa itu android?? arti android?? pertanyaan ini memang terlalu sering saya dengar dari pemirsa mesin pencari dan pengertian android pun mulai bermunculan, bahkan saking seringnya maka terciptalah artikel ini. Saya tidak ada maksud untuk mencari visitor semata, tetapi membantu anda yang ingin tahu tentang sejarah android.  peace ^^v



Tentang android sendiri, sudah dari awal perancangan telah terpasang pada perangkat mobile touchscreen seperti smartphone dan komputer tablet.
Jadi Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan pada smatphone saat ini dan menyesuaikan spesifikasi di kelas low-end hingga high-end. Hampir semua vendor saat ini mengembangkan produknya dengan sistem operasi Android, karena peminatnya yang semakin meningkat tajam.

Seiring berkembangnya jaman tentu kita sebagai manusia butuh peralatan yang canggih dan efisien untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya anda mulai menggunakan perangkat dengan sistem operasi ini, karena teknologi android pun sudah berkembang pesat dan ini sangat saya sarankan  mengenai kelebihan dan kekurangan android akan saya bahas dibawah.

Sejarah Android
Sedikit cerita sejarah android, Android adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google finansial dan kemudian dibeli pada tahun 2005.

Android ini diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar perangkat selular.

Smartphone yang tersedia untuk publik pertama kalinya yang menjalankan Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008, tentu anda yang belum tahu pasti menduga bahwa Samsung adalah smartphone android yang pertama kali keluar, benar kan??  kalau benar silahkan beri komentar.

Sumber – Wikipedia

Perkembangan Android


Perlu anda ketahui, perkembangan android dari awal hingga sekarang ini sudah mencapai 21 kali. Mau tau apa saja kah itu?? Lihat Listnya dibawah ini.

PERKEMBANGAN VERSI ANDROID
2.1 Android 1.0
2.2 Android 1.1
2.3 Android 1.5 Cupcake
2.4 Android 1.6 Donut
2.5 Android 2.0 Eclair
2.6 Android 2.0.1 Eclair
2.7 Android 2.1 Eclair
2.8 Android 2.2–2.2.3 Froyo
2.9 Android 2.3–2.3.2 Gingerbread
2.10 Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread
2.11 Android 3.0 Honeycomb
2.12 Android 3.1 Honeycomb
2.13 Android 3.2 Honeycomb
2.14 Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich
2.15 Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich
2.16 Android 4.1 Jelly Bean
2.17 Android 4.2 Jelly Bean
2.18 Android 4.3 Jelly Bean
2.19 Android 4.4 KitKat
2.20 Android 5.0 Lollipop (API level 21)
2.21 Android 6.0 Marshmallow (API level 23)
Sumber – WikiPedia

Dan perkembangan yang dulu pernah ramai adalah android bisa bbm, ya Aplikasi BBM ini akhirnya bisa berjalan pada Sistem operasi Android.

Bukan tidak mungkin jika android menguasai pasaran saat ini, karena developer atau pengembang android sendiri terus berupaya dalam hal peningkatan kinerja android dengan performa yang maksimal. Bagaimana tidak, Google .Inc lah dalang dibalik  semua ini

Kelebihan atau Keunggulan Android
Sepertinya hampir semua tahu apa saja kelebihan atau keunggulan dari android ini, tapi tidak ada salahnya jika saya bahas disini.

User Friendly – Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone.
Notifications – Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
Tampilan – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOS miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOS, hanya saja ini versi murahnya.
Open Source – Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux.j 




Pengertian Linux



Pengertian Linux adalah nama dari sebuah sistem operasi yang berbasis Unix yang disebarluaskan ke masyarakat secara gratis dan berada di bawah lisensi GNU General PublicLicense (GPL), yang berarti bahwa Linux didistribusikan berikut dengan sourcecode-nya. Ketersediaan akses kode sumber memungkinkan para pengguna untuk memodifikasi sistem operasi ini yang kemudian diperbolehkan juga untuk digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas. Nama Linux sendiri diambil dari nama si penciptanya yaitu Linus Torvalds, untuk lebih jauh tentang sejarah Linux akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Yang menjadi perbedaan paling utama antara sistem operasi Linux dengan sistem operasi populer lainnya adalah terletak pada kernelLinux dan komponen-komponen yang menyususnnya yang bida diakses secara bebas dan terbuka. Namun perlu pembaca ketahui, linux bukanlah satu-satunya sistem operasi yang berada pada kategori open source, masih terdapat beberapa sistem operasi lain yang bersifat sama dengan Linux. Akan tetapi Linux menjadi contoh terbaik dan sistem operasi open source yang paling banyak digunakan.

Pengembangan sistem operasi Linux dilakukan dengan cara mendistribusikannya secara bebas sehingga setiap calon pengguna dapat mendownload sistem operasi ini di internet atau mendapatkannya dari forum-forum khusus. Forum pengguna Linux biasanya membentuk sebuah komunitas khusus untuk memodifikasi sistem, setelah itu kode sumber yang telah dimodifikasi dan dikembangkan tersebut kembali dibagikan melalui internet atau media lainnya. Siapapun bebas untuk bergabung dengan komunitas dalam pengembangan sistem operasi Linux.

Kelebihan dan Kekurangan Linux
Apabila terdapat dua produk yang sama peruntukkannya sudah lazim bagi kita membandingkan kedua atau lebih produk tersebut. Linux sama halnya dengan produk-produk lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kami ulas beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux.

Kelebihan Linux

Open Source; Linux adalah salah satu sistem operasi yang bersifat open source, bebas untuk dimiliki, bebas untuk dikembangkan, dan bebas untuk didistribusikan ulang.

Freeware; Linux merupakan sistem operasi yang mempunyai bersifat Freeware, hal ini berarti siapapun baik untuk penggunaan pribadi, kelompok, dan instansi sekalipun dapat menggunakan sistem operasi ini secara bebas dan tanpa dituntut untuk membayar royalty kepada si penciptanya.

Minimal Hardware; Linux hanya membutuhkan spesifikasi hardware komputer yang rendah, namun tetap untuk kebutuhan yang tinggi seperti grafis dan lainnya disarankan untuk menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi.

Skalabilitas; Linux dapat berjalan pada mesin sekecil 3Com Palm Pilot dan Digital Itsy atau pada mesin besar seperti BeowulfClusters.

Stabilitas; Keandalan linux dipercaya oleh badan sekelas NASA, NASA menggunakan sistem operasi Linux untuk sebuah percobaan tanaman di luar angkasa yang membutuhkan kestabilan sistem tinggi.

SharedLibraries; Linux menggunakan sistem penomoran versi SharedLibraries. Sehingga memungkinkan untuk memperbaharui versi tanpa akan adanya kerusakan pada program lain.

Non-Fragmentasi; Pengguna linux dipermudah dalam penggunaan untuk mengedit, membuat, dan menghapus file tanpa harus kuatir akan terjadinya fragmentasi pada program atau data yang ada.

Kebal Virus; Linux lebih kebal terhadap serangan virus dibandingkan dengan sistem operasi lain seperti yang berbasis DOS. Hal ini merupakan yang paling penting karena berhubungan dengan sistem keamanan.

Masih terdapat beberapa kelebihan lainnya dari sistem operasi linux, yaitu: Bugfix, NativeProtocol TCP/IP, File System 32 Bit, Multi User, Multiconcole, Multitasiking, Virtual Memory, Akses Sistem File, EMulator, PartitionMounting. Selain itu Linux juga mendukung beberapa software penting untuk sebuah server andal, diantaranya: Proxy ServerlLocal, Transparent Proxy, Web Server, FTP Server, Remote, Firewall, ShellProgrammbale. Selain itu Linux juga menyedi






 operatingsystem31.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar